Dec 18, 2009

Dua Kalimat Syahadat

Assalamualaikim Wr, Wb,.,
Alhamdulillah,.,
kali ini saya akan berbagi
Ilmu tentang dasar dari
Islam Dan kewajiban kita
pada awal kita masuk Islam
yaitu Dua Kalimat Syahadat.




Syahadat merupakan asas
dan dasar bagi rukun Islam
lainnya. Syahadat merupakan ruh,
inti dan landasan seluruh ajaran
Islam.Syahadat sering disebut
dengan Syahadatain karena terdiri
dari 2 kalimat (Dalam bahasa arab
Syahadatain berarti 2 kalimat Syahadat).
Kedua kalimat syahadat itu adalah:




Artinya: Saya bersaksi bahwa tiada Ilah selain Allah
Dan:





Artinya:
dan saya bersaksi bahwa Muhammad saw adalah Rasul utusan Allah

  • Makna Syahadatain
* Kalimat pertama menunjukkan pengakuan tauhid.
Artinya, seorang muslim hanya mempercayai Allâh
sebagai satu-satunya Allah. Allah adalah Tuhan
dalam arti sesuatu yang menjadi motivasi atau
menjadi tujuan seseorang. Jadi dengan mengikrarkan
kalimat pertama, seorang muslim memantapkan diri
untuk menjadikan hanya Allâh sebagai tujuan, motivasi,
dan jalan hidup.

* Kalimat kedua menunjukkan pengakuan bahwa
Nabi Muhammad adalah utusan Allâh. Dengan mengikrarkan
kalimat ini seorang muslim memantapkan diri untuk meyakini
ajaran Allâh seperti yang disampaikan melalui Muhammad saw,
seperti misalnya meyakini hadist-hadis Muhammad saw.
Termasuk di dalamnya adalah tidak mempercayai klaim
kerasulan setelah Muhammad saw.

Mudahan saja apa yang saya berikan ini dapat bermanfaat
dalam kita beragama amin,.,.,.,.,.

5 comments:

Anonymous said...

bolehkah saya request?? yg diblogroll disini ini ajah : http://arifnurrahman.com

oiya, link dah saya pasang :D

Anonymous said...

oke...sir blog baru ya... :-)

Anonymous said...

maaf ya OOT, numpang promosi nih

http://sbpc.e2tc.org

Admin said...

balas:nurrahman
o ya nga papa om....,

Mas Mubarok said...

artikelnya bagus
salam kenal mas

Post a Comment